Sunday 20 January 2013

My thoughts on The Bartimaeus ending

Sooo.. gimana? Kalo kamu udah baca keseluruhan triloginya udah bisa dipastikan waktu baca kata kata itu hati kamu serasa ditusuk/diiris/disayat/dipecahin/dipatahin dsb. Jadi itulah akhir dari petualangan (dan juga kehidupan) Nathaniel Underwood, dan review dibelakang bukunya bilang kalo itu adalah "Penutup yang pantas bagi saga luar biasa". Well, the author do break my heart and ruin my feelings and left me drowned in my tears and asdfghjkl. Apa lagi waktu ada kata kata "Sampaikan salamku pada Kitty", mereka adalah OTP aku dari awal mereka ketemu di gang aku udah curiga kalo pertemuan mereka pasti sesuatu, kenapa mereka harus pisah kaya gitu tanpa bilang apapun tentang perasaan mereka terhadap satu sama lain? Kenapa sebelum mereka pisan ga ciuman dulu atau apa gitu, tapi kalo mereka ciuman dulu, waktu bukunya tamat hati aku bakal pecah 100000000 keping lebih banyak, a.k.a pecahannya lebih kecil, a.k.a susah disatuinnya lagi. Hmm, such an ending.
Nathaniel was a real asshole, I mean aku suka dia di buku pertama sebagai anak kecil berbakat yang gasengaja milih nama Bartimaeus dan ujungnya terjerumus kedalam masalah but ended up a hero. Di buku 2, aku pikir dia ganteng banget dan kalo lagi POV Nathaniel/Bart aku suka dia, tapi kalo POV Kitty aku berubah benci banget. Di awal buku 3 aku kesel, ga berperasaan banget sama Bart. Tapi terakhirnya.. he left me with no control of my own emotions. He died a hero so everything's alright.. but not for me, it's definitely not alright, alright?


Ini cover bukunya, buku 1, di dalemnya Bart sering pake wujud gargoyle (kalo gatau gargoyle itu apa.. just google it) dan itu Amulet Samarkand yang dia pegang. Buku 2, Bart ngambil bentuk minotaur waktu ketemu sama golem, yang ditangannya itu mata golem. Buku 3, itu Bart juga, sebenernya itu wujud singa tapi dia benci surai, gara gara waktu dulu surai ngehalangin pandangan dia, jadi kena Detonasi dan ga bisa nyelamatin Ptolemy. Sedihnya, waktu mereka udah terpojok, Ptolemy ngebebasin Bart. Sama kaya Nathaniel, meskipun Nathaniel sama sekali ga tau cerita tentang itu. Kitty yang tau.

Aku jadi kepikir gimana kalo Kitty sadar Nathaniel pasti ngebebasin Bartimaeus waktu detik detik itu, terus Kitty manggil Bartimaeus dan Bart nyeritain semuanya, Kitty nangis, terus Bart berusaha buat nenangin dia. Dan endingnya Kitty pergi ke Mesir sama Bart, pokoknya mereka keliling dunia dan di tempat tempat yang pernah Bart datengin waktu jadi budak Ptolemy tapi bebas, dia nyeritain banyak hal ke Kitty. Jadi sahabat manusia Bartimaeus ada 3, Ptolemy, Nathaniel, sama Kitty. ♥

Mulai sekarang aku mau mikirin ending The Bartimaeus Trilogy kaya gitu aja deh. Their friendship will last forever, at least in my heart lol. Oh iya, Jonathan Stroud bikin prequel (kaya masa lampau dari cerita itu tapi rilisnya setelah cerita itu selesai. Contoh: Lord of the Rings, dan prequelnya adalah The Hobbit, yang nyeritain tentang masa lalu Bilbo Baggins) Bartimaeus, yaitu Ring of Solomon, tapi kayaknya cuma ada 1 buku, dan itu nyeritain tentang masa perbudakan Bartimaeus & masternya Solomon.

0 comments:

Post a Comment