Sunday 6 March 2016

And so, she continues.

2 tahun.
2 tahun sejak terakhir kali gue ngepost di blog ini.

Hari: Minggu.
Jam: 09.02

Ujian sekolah mulai besok. habis ujian sekolah, terbitlah ujian praktek. habis ujian praktek, terbitlah belajar intensif.

Terbitlah UN.

And here i am, writing a blog post that i'm not so sure anyone would read.

Ada beberapa hal yang pengen diceritakan tapi gak tau cerita ke siapa. Dan note hp doang gak cukup.

Guru biologi gue, awal-awalnya gue gasuka karena dia suka banget siraman rohani pas jam pelajaran biologi. Gue, yang merasa butuh banget biologi karena pengen kuliah biologi, mikir dengan berdosanya kenapa ini guru gak jadi guru agama aja.

Tapi jumat kemaren, jam KBM reguler terakhir, kebetulan pelajarannya biologi. Bukannya ambis buat US, guru gue nyuruh semuanya ambil quran terus buka surat ke-55. Nyuruh kita semua ngaji bareng-bareng.

Beres ngaji, beliau bilang gini, "kalo kamu menghadapi suatu masalah, ngaji, biar tenang." pake bahasa sunda, dengan cara bicaranya yang khas.

Kemudian beliau lanjutin mapatahan atau ngasih nasihat, yang gue yakin 45% anak-anak di kelas gak dengerin. Beliau bicara soal macem macem, dan gue bisa denger dibalik bicaranya yang seakan seenaknya, beliau lagi nyiapin murid-muridnya buat tantangan-tantangan didepan. Beliau lagi nyiapin gue dan temen-temen buat ntar ketika kami lulus dan beliau gabisa ngajarin hereditas lagi, ga akan ngasih tau lagi nama-nama jamur, bakteri, organel sel sambil coret-coret gak jelas di papan tulis lagi; kami bisa bertahan sendiri-sendiri. Mungkin beliau ngerti murid-muridnya ga pernah dinasihatin kayak gitu sama guru agama, atau guru bk, atau wali kelas.

Dan gue sadar meskipun selama ini beliau sering bilang "yeuh bapa mah nerangin teh ngan saukur kewajiban bapa, da ujian mah kumaha maneh" sebenernya beliau berharap anak-anaknya lulus dengan nilai yang baik.

Di balik "maneh mah dibere nyaho ge moal inget ngke teh" dia berharap ada di antara kami yang inget sama kata-katanya.

Di balik "kitu manusia mah, nu geus dijadikeun ku Allah siga kitu, dipertanyakan ku manehna teh. Ngahesekeun tah eta si Mendel" sebenernya beliau mencintai ilmu biologi dan senang memberikannya ke murid-muridnya.

Dengan sejuta pikiran "oh aing baru nyadar", setelah bel bunyi dan guru biologi gue menyudahi siraman rohaninya, setelah beliau bilang "assalamualaikum" terus keluar kelas, gue berdiri dari kursi dan lari nyusul beliau.

"Bapak," gue panggil.

"Pak, makasih ya" terus gue cium tangannya. Raut mukanya berubah, dari ngantuk-dan-banyak-pikiran jadi lebih cerah, terus mulutnya membentuk senyum sambil matanya ngeliat mata gue.

Guru biologi gue, yang kumaha-maneh-weh-bapa-mah-terserah kemudian nepuk-nepuk kepala gue terus bilang; "oh, iya, kamu sukses ya, didu'akeun ku bapak ya"

Pertama kalinya gue digituin sama guru :') rasanya pengen nangis tapi malu, akhirnya dengan "siap pak" gue lari ke kelas sambil senyum senyum terus ditanyain temen, gue bilang aja "di puk puk sama si bapa hehe"

Makasih bapak, nanti saya pengen ketemu sama bapak lagi terus bilang "pak saya masuk SITH ITB"

aamiin!

0 comments:

Post a Comment